Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Test link

Agar anak mengerti bahasa Inggris

Ijinkan saya  berbagi tips, cara kami membantu anak-anak akrab dengan bahasa Inggris sejak balita.
Pertama, kecerdasan bahasa sangat dibantu dengan bercerita pada anak sejak bayi. Kami rutin membacakan cerita pada anak sebelum tidur. Kadang satu, dua bahkan tiga cerita. Kami membacakan dongeng, biografi, pengalaman pribadi, dll. Tenyata Suka mendengarkan cerita menyiapkan mereka suka membaca. Akan lebih baik saat anak sudah SD bercerita sambil diskusi dan menjawab pertanyaan mereka.
Kedua, sejak umur empat tahun, kami membelikan VCD/DVD belajar bahasa Inggris. Dikemas dengan lagu dan tarian yang menarik. Salah satu program yang disukai anak kami namanya “Magic English”. Karena senang lagunya, mereka suka menyanyikan lagu itu. Kami mengajak mereka nyanyi bersama.
Ketiga, Karena kedua anak kami suka bertanya apa saja, dan kami kewalahan menjawabnya seorang sahabat mengusulkan membelikan anak ensiklopedia encarta khusus anak. Saya menemukannya di penjualan software DVD. Anak anak suka membacanya. Di situ apa saja yang mereka tanyakan  ada jawabnya.  Karena dalam bahasa inggris, mereka memaksa diri membacanya. Karena disertai lagu dan game mereka jadi suka.
Keempat, mencegah anak nonton sinetron dan film yang banyak iklan.
Kami berlangganan satu TV satelit, dan hanya berlangganan yang ada program anak. Misal: discovery channel, atau film karton dalam bahasa inggris. Ini sangat membantu percepatan mereka menguasai bahasa Inggris.
Kelima, membelikan buku cerita bergambar dalam bahasa Inggris. Sesekali kami ke toko buku mencari buku cerita yang isi dan gambarnya menarik. Kami minta mereka baca sendiri. Kami tidak mengijinkan anak-anak membaca komik. Setelah SMP kami membelikan mereka novel remaja atau sain di dalam bahasa Inggris. Mereka jadi akrab dengan bahasa itu.

http://edukasi.kompasiana.com/2011/07/27/agar-anak-akrab-dengan-bahasa-inggris/sumber : 

Posting Komentar