Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Test link

Prosesi Ujian Promosi Doktor DR.Sudarmin Harun

Pada siang hari ini  16 Agustus 2012 di Aula Mattulada .Saya berkesampatan mengikuti ujian promosi doktor salah satu dosen dan konsultan saya selama menyelesaikan skripsi bapak Sudarmin Harun, Judul disertasi yang dibawakan adalah " Cultural in Values in Buginese Tradition Song" .Dalam paparan disertasinya bapak Sudarmin Harun menjelaskan bahwa lagu -lagu yang dia teliti yakni khususnya dari Sindereng Rappang atau Sidrap. Terdapat 34 struktural philosophy values. Relevant symbols in marriage,Inaguration, & Pilkada, artinya lagu-lagu dan nadanya dapat dibedakan maksud dan tujuannya dari nada dan symbol-symbolnya.

Suasana Ujian Promosi doktor
Peserta yang hadir cukup membludak,



Peserta Ujian Promosi Doktor


Dalam paparan disertasinya bapak sudarmin harun ini juga menjelaskan bahwa tidak hanya lagu namun makna-makna dari arti lagunya ia jelaskan secara gamblang dan terperinci. Misalnya dari arti dan makna Jakcfruit atau nangka bahasa Indonesianya. Secara Symbol,icon dan sight menurut beliau adalah honesty. Hal ini diambil maknanya setelah ia melihat langsung  tunas nangka cara tumbuh kembang nya lurus, melambangkan sifat lurus dan jujur.

Deretan karangan bunga ucapan selamat Promosi doktor



Selain nangka beliau juga sempat menjelaskan mengenai makanan lainnya yakni onde-onde yang dalam bahasa makassar disebut umba-umba. Onde-onde dalam bahasa bugisnya ia katakan sebagai konde-konde. Hal ini dipertanyakan oleh salah satu penguji yakni Prof. Dr.Hakim Yassi kalo konde-konde itu kan artinya rambut konde di belakang perempuan. Penguji ini pun membuat saran kepada bapak Sudarmin Harun untuk lebih mengilmiahkan penelitian ini . maksud beliau seperti arti Jakcfruit kenapa mesti artinya jujur atau honesty . Bapak SudarminHarun kurang bisa menarik benang merah secara ilmiah hubungan nangka dengan jujur ini.

Walaupun dicercar berbagai pertanyaan dosen saya Sudarmin harun mampu mempertahankan disertasinya di depan penguji dengan baik bahkan beliau memperoleh predikat " Sangat Memuaskan" 
 

Posting Komentar