LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Pages

Follow my Blog

Visitor

BTricks

BThemes

Ini Dia alasan Kenapa Uang Panaik dan Mahar Harus Mahal.

Mempelai pengantin Bugis

Namun kalau kita melihat dari perspektif lain yang tidak melulu negatif pernikahan bugis , yakni membuat para lelaki bugis berusaha sedemikian rupa untuk mengumpulkan pundi-pundi rupiah dalam pernikhan dan berumah tangga kelak.  

Banyak dari masyarakat luar dari Sulawesi selatan mencibir pernikahan Bugis, Karena mahalanya mahar dan uang panai yang harus di berikan untuk saat ini berkisar puluhan hingga ratusan juta rupiah. mereka beranggapan seolah-olah sedang membeli anak gadis nya orang lain.

Pernikahan bugis dan makassar bai sebagian orang sangat memberatkan. Mengingat besarnya jumlah uang panai atau uang belanja bagi pihak mempelai pria yang harus di bayarkan kepada mempelai wanita. Mestinya bukannya mahanlnya yang dipersoalkan namun hakikatnya nikah bugis dan makassar adalah mempertemukan dua keluarga besar dengan segala identitas dan status sosial. Selain itu juga sebagai melestarikan garis silsilah di masyarakat.

Dari hal ini lahir lah yang namanya perantau , atau yang lebih dikenal dengan saudagar .arti saudagar ini menilik pergi merantau untuk meninggalkan kampung halaman. Masyarakat bugis dan makassar pun sejak dahulu terkenal suka merantau terbukti dengan kapal phinisi yang legendaris di gunakan masyarakat bugis dalam pergi merantau melewati batas-batas negara dan benua sejak zaman dahulu. Dan sekarang pun masyarakat dunia mengakui kehebatan perahu phinisi ini yang sangat terkenal.

Bahkan kepiwaian suku- Bugis Makassar dalam mengarungi samudra cukup dikenal luas dan wilayah perantuan mereka pun hingga Australia, Madagaskar dan Afrika Selatan. Bahkan pinggiran kota cape Town Afrika Selatan terdapat sebuah suburb atau setingkat kecamatan yang bernama Maccassar, sebagai tanda tangan penduduk setempat mengingat tanah asal nenek moyang mereka.

Salah satu alasan masyarakat bugis dan makassar pergi merantau adalah baut mengumpulkan pundi-pundi harta yang banyak buat melamar gadis pujaan hatinya. Sebab dari sinilah dapat dilihat ketulusan cinta sang lelaki .yah tentu saja kata cinta yang tidak bermodalkan kata namun perbuatan Dan sejatinya cinta suci adalah yang diresmikan oleh ikatan pernikahan. 
tidak inginkah anda menikah dengan gadis Bugis secantik ini?

Saya teringat pidato mantan Wapres HM Jusuf Kalla saat berada di Papua. Katanya, etos kerja orang Bugis sangat tinggi karena punya banyak keinginan-keinginan, termasuk keinginan menikah di kampungnya sendiri. “Mengapa orang Bugis rajin bekerja? Karena mereka punya banyak keinginan-keinginan. Mereka ingin menikah dengan panai’ (uang naik) yang tinggi. Setelah itu mereka ingin punya rumah. Setelah itu mereka mau naik haji. Kalau sudah haji, mereka ingin kawin lagi. Maka prosesnya kembali dari awal,” kata Jusuf Kalla...

kalau kita melihat dari kacamata sejarah islam pun bagaimana seorang  Muhammad Muda merantau Muhammad muda telah menjadi pedagang internasional sejak 12 tahun. Beliau ikut pamannya melakukan perjalanan bisnis ke Syam (sekarang Suriah) dan sejak berumur 16 tahun beliau ke Yaman, Suriah, dan beberapa negara teluk sekarang.


Kemampuan bisnisnya membuat Muhammad muda menjadi seorang pengusaha sukses yang kaya raya. Sebagai gambaran bisa kita lihat mahar (mas kawin) yang diberikan Muhammad muda ketika melamar Khadijah.

Ia menyerahkan 20 ekor unta sebagai mahar. Menurut suatu riwayat, ditambah dengan 12 uqiyah (ons) emas. Suatu jumlah yang sangat besar apabila dikonversi ke mata uang kita sekarang.
Harga unta standar sekarang mencapai 4.000 riyal (untuk unta pilihan tentu saja lebih mahal). Jika 1 riyal sama dengan Rp. 2.500, maka harga satu unta mencapai 10.000.000. Maka mahar unta yang diberikan Muhammad senilai Rp. 200.000.000.
Lalu, bagaimana dengan emasnya?

Satu uqiyah sama dengan 7,4 dinar. Satu dinar setara dengan Rp. 1,5 juta (ketika buku ini ditulis, harga dinar masih segitu. Sekarang sudah 1,8 juta). Artinya mahar emas yang diberikan Muhammad muda senilai dengan 12 uqiyah x 7,4 dinar/uqiyah x 1,5 juta, sama dengan Rp. 133.200.000.
Tidak pernah ada kisah Muhammad muda bangkrut gara-gara lamaran ini. Artinya, ada kemungkinan kekayaan sebenarnya masih lebih besar.


Keinginan menikah dan melamar gadis yang kita sukai harusnya dimasukkan ke dalam keadaan kepepet dan darurat mengapa ?
Bagaimana  seandainya, keinginan menikahi  orang yang paling   Anda sayangi dan cintai . Jika tidak anda buat keputusan , maka (maaf) gadis yang anda sudah taksir sejak lama ini  dan ingin anda nikahi akan di lamar oleh orang lain.. Sedangkan pernikahan ini  hanya bisa dilaksanakan jika anda menyerahkan uang tunai sejumlah 105 juta rupiah baut biaya uang panai dan pernikahan  sebelum jam 9 esok hari. Bagaimana? Apakah anda masih akan mengatakan tidak bisa? Mayoritas akan menjawab, “Harus bisa”. Kenapa? Karena KEPEPET, jika tidak, orang yang kita cintai tersebut akan melayang. dilamar orang lain.
Jadi sebenarnya jika dalam kondisi yang terdesak dan tidak diberikan pilihan untuk “tidak bisa”, manusia akan mencari jalan untuk berfikir “Bagaimana Harus Bisa”. Tetapi kenapa sukses, kaya, membahagiakan orang tua atau keluarga,dan menikah  seolah bukan suatu kebutuhan yang mendesak?

Selain itu jika kita menikahi, saya merasa tidak rugi  sebab, wanita bugis terkenal akan kesetiaannya kepada pasangannya hal ini bisa dilihat dari rendahnya angka perceraian yg terjadi di sulawesi selatan, selain itu sejaak dahulu orang bugis sul-sel terkenal sebagai pelaut ulung meskipun mereka melaut beberapa bulan  hingga tahunan namun istrinya tetap setia menunggu kedatangan suaminya.


Share on Google Plus

About Admin

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

89 komentar:

Ahmad Sukroni mengatakan...

Tp anak muda skrng sepertinya beda dengan dulu di ?

Abdul Musawir bin MadeAli mengatakan...

Bagiku ga masalah asalkan dia (wanita) pujaan hati.

Nanda Ismunandar mengatakan...

dalam islam tidak diharuskan pernikahan yg penting sesuai hukum islam sja. jngan seperti menjual anak sja dgn tawar menawar uang panai.

agus salim mengatakan...

Foto manten nya ambil dr mna yach?? Itu foto teman aku !!!!

agus salim mengatakan...

Foto manten nya ambil dr mna yach?? Itu foto teman aku !!!!

Arif Al Khayal mengatakan...

Wah, perlu dikaji ulang penulisan tentang budaya uang panai' ini, masih ada kekeliruan dan lemah. Dan juga penulisan soal Nabi yang sepertinya masih lemah. Jelas ada sebuah riwayat yang menyatakan sebaik-baik pernikahan adalah yang rendah maharnya, tapi kok beda dengan penulisan di atas?

Kiki Makatita mengatakan...

ambil dri internet lah mbak..kan fotonya gak disalah gunakan ..kan ditujukan buat hal baik..baca captionya aja... cwek bugis yang cantik :)

Kiki Makatita mengatakan...

ambil dri internet lah mbak..kan fotonya gak disalah gunakan ..kan ditujukan buat hal baik..baca captionya aja... cwek bugis yang cantik :)

Hedi H mengatakan...

Nabi muhammad bersabda wanita yg baik dan membahagiakan ialah yg mudah khibatnya dan mudah maharnya (h.r ahmad dn ibnu hibban)
Jd sy rasa pernyatan di atas masih keliru

Hedi H mengatakan...

Nabi muhammad bersabda wanita yg baik dan membahagiakan ialah yg mudah khibatnya dan mudah maharnya (h.r ahmad dn ibnu hibban)
Jd sy rasa pernyatan di atas masih keliru

Wastem mitra paytren mengatakan...

Link ny jangan lupa di klik ea..
Trimakasih.
Salam sukses berjamaah..

https://m.facebook.com/story.php?story_fbid=552374454937168&id=100004938558008

Sri Mardhiah mengatakan...

Klaw bkin artikel yg masuk akal dong...nyebut2 Nabi tp dag punya dalil yg bisa dpertanggung jawabkan...

wanita sulawesi mengatakan...

Dan tidak dipungkiri tingginya panai jg menjadi salah satu faktor banyaknya gastu alias gadis tua di tanah bugis

Nia Husnah Govina mengatakan...

Ya kalo pihak cowok ga bisa, ywdh ga dipaksain... Beberapa cowok mau koq ngasih uang panaik tinggi

Unknown mengatakan...

pemikiran yang keliru 😃

Unknown mengatakan...

pemikiran yang keliru 😃

Ismu Rajab mengatakan...

Kyk sy knal itu pengantinnya hahaaha

Alonk Insua mengatakan...

Klw mahal hrus seuai dgn wanitax.... Klw 40 juta yaa hrus pintar ngaji.,pendidikan s1,2,pintar msak, tp kenyataanx skrang 1 atw 2 banding 1000.... Klw cuma mw bkin malu kelaut moko jadi compah.... Itu tuh di atas yg di anjur Rosul... Sebaik-baiknya (pernikahn)wanita yg mudah jlannya dan murah jujurannya....

vie udhien mengatakan...

Sangat sangat tidak setuju
U apa uang panaik yg banyak klo akhirx setelah menikah hny ribut tiap hari krn uang panaikx dpt dr pinjam duit di bank...setelah nikah gaji suamix pas2an hbs buat bayar angsuran kredit n hny buat makan sehari2 bahkan bnyk makanx msh numpang org tua

Tradisi ini hrsx sdh ga dipakai lg,kasian anak gadis yg seharusx dah menikah tp krn tradisi jd gadis tua.ada jg yg sbnrx ga mempermasalahkan uang panaik tp krn ketakutan para pria yg menganggap semua cewek bugis itu mahal jdx ga ada yg berani melamar

Tolong lah para orang tua jgn menganggap tradisi ini hal yg membanggakan...
Kalian bangga krn anak kalian lakux ratusan juta tp apa kalian memikirkan masa depan anak2 kalian ? Uang panaik itu hbs hny buat pesta sehari trus selanjutx gmn ? Apa anak kalian ga bth makan yg lezat ? Ga butuh pakaian yg bgs ? Ga butuh duit u jaminan anak dan jaminan hari tua ?

Baikx pemuda2 skrg bersatu u menumpas tradisi yg sngt buruk ini.jgnlah terjerumus kedalam tradisi uang panaik...
Mending menikah dgn mahar yg sdkt tp tiap bulan bs menikmati hasil kerja suami dr pd menikah dgn mahar yg tinggi tp tiap bulan ko baku cakar sm suamimu krn nda cukup hasilx u kopake dandan atau keluar jalan2...

Sy perempuan bugis bone yg pertama menentang tradisi uang panaik...berharap yg lain sependapat dgn sy...

Mksh

Buat penulis klo anda org bugis/makassar brrt anda itu sngt matre atau tdk peduli masa depan anda...

ahmad zulhikam mengatakan...

Jika kesetiaan dicantumkan jadi tolok ukur mahalnya panai... kasihan jg laki2 yg kurang mampu sulit mendapatkan wanita setia..

Myla Blues mengatakan...

Betul itu kk vie..nnti klo di panaikmi byk2 bru nda bagus servicex di katai mi "mahalna panaikna bru tdk adaji guna2x..haha..zaman nabi sj ada org merit maharx pke ayat alquranji na bisa ji merit..menyesatkan ini adat������

Irfan HM mengatakan...

LAJO lalo mko dehh. Teja' jdi TOMPO. hahaha

andi akhsal mengatakan...

Hahah betul yg jelas ad uang knp tdk klw
sekali seumur hidup kok

andi akhsal mengatakan...

Tdk selamanya uang panai itu mahal tergantung orgnya tapi klw org berada knp tidak

Ullah Nasrul mengatakan...

Kalo terlalu murah uang panai pasti laki2nya banyakmi istrinya ka murahji uang panaika :D hahaha...

Ullah Nasrul mengatakan...

Tidak semuaji itu gadis bugis makassar mahal uang panaiknya, kemarin kakakku menikah 50 jutaji uang panaiknya, baru istrinya guru, sudah PNSmi, haji ada mobilnya juga... na bahagia tonji tdk ngutangji uang panaik...
Adat itu tidak sembarang juga, pasti ada tujuan baiknya

Ullah Nasrul mengatakan...

Tidak semuaji itu gadis bugis makassar mahal uang panaiknya, kemarin kakakku menikah 50 jutaji uang panaiknya, baru istrinya guru, sudah PNSmi, haji ada mobilnya juga... na bahagia tonji tdk ngutangji uang panaik...
Adat itu tidak sembarang juga, pasti ada tujuan baiknya

Andi Tabo mengatakan...

sebaik baik wanita yang mudah maharnya,... tapi sebaik baik pria, yg bisa memberi mahar yg tinggi. itulah yg dipegang oleh laki2 bigis makassar, sebagai jadi dirinya. Dan sdh menjadi siri bagi laki2 bugis makassar jika ada permintaan calon mempelainya tidak mampu Ia penuhi.

Andi Tabo mengatakan...

sebaik baik wanita yang mudah maharnya,... tapi sebaik baik pria, yg bisa memberi mahar yg tinggi. itulah yg dipegang oleh laki2 bigis makassar, sebagai jadi dirinya. Dan sdh menjadi siri bagi laki2 bugis makassar jika ada permintaan calon mempelainya tidak mampu Ia penuhi.

GRATIS LAGU KARAOKE mengatakan...

Baco Becce 2 Art2 Tonic

Genap sudah setahun Baco Becce Si Love-Love
Genap sudah setahun Baco Becce Si Cippo-Cippo
Kini waktunya Baco untuk melamar Becce
Biar yang haram-haram bisa menjadi Halal
Penuh semangat Baco menjual semua aset
Dari kebun, pohon kelapa sampai radio kaset
Total-totalnya Baco dapat tujuh juta, busyet
Percaya diri Baco pun pergi melamar Becce
Mauka melamar tanta
Mauka lamar anakta tanta,
Tabberapa anakna tanta,
Tabbulinta
Maaf..Maaf Baco kalau cuma tujuh juta
Tidak cukup biar mau sewa kursi sama tenda
BBM baru naik harga daging juga naik
Otomatis daging Becce juga pasti naik
Bapak minta minimal pannaik 70 juta
Bapak minta erang-erangnya 70 macam
Pestanya ya, minimal di Hall Room MPH
Artisnya ya, minimal konser 3 DIVA
Oh..Bapak tega-tegata Bapak
Takkala bunuhma Pak
Takkala hancurma Pak
Back Vokal
Kenapa juga harus ada erang-erang
Kenapa juga pannaik harus banyak uang
Jadi kesannya Bapak kayak jualan orang
Kenapa tidak, Becce pajang saja di warung
Heii…Baco jangko sembarang bicara
Mau diapa adat tidak boleh ditentang
Mau diapa adat tidak boleh ditantang
Sudah begini aturan dari nenek moyang
Kalau kau protes, protesko sama nenek moyang
Aduh Bapak ! Aduh Ibu ! Jangki tallewa’-lewa’
Biar mami demi cinta tapi ku terbangka banget
Tak kusangka uang pannaik ikut harga BBM
Pantas saja itu Becce suka bau Minyak Tanah
Aduh…Baco bukannya Bapak mau tallewa’-lewa’
Di sini tongmi dilihat usahamu cowok
Jangan sampai kau lamar anakku hanya modal cinta
Hari gini sudah tidak ada artinya cinta
Oh Bapak tega-tegata Bapak
Takkala Bunuhma Pak
Takkala hancurma Pak
Back Vokal
Kenapa juga harus ada erang-erang
Kenapa juga pannaik harus banyak uang
Jadi kesannya Bapak kayak jualan orang
Kenapa tidak, Becce pajang saja di warung
Mau diapa adat tidak boleh ditentang
Mau diapa adat tidak boleh ditantang
Sudah begini aturan dari nenek moyang
Kalau kau protes, protesko sama nenek moyang
Sudahlah Baco, mending cari Becce lain saja
Lagi pula apa yang kau buru sama itu Becce
Semua begituan kan kentut dan rasanya sama
Paling-paling yang bedakannya hanya beda ekspresi
Back Vokal
Kenapa juga harus ada erang-erang
Kenapa juga pannaik harus banyak uang
Jadi kesannya Bapak kayak jualan orang
Kenapa tidak Becce pajang saja di warung
Mau diapa adat tidak boleh ditentang
Mau diapa adat tidak boleh ditantang
Sudah begini aturan dari nenek moyang
Kalau kau protes, protesko sama nenek moyang

firman gagah mengatakan...

Itumi na banyak org silariang! Silariangi anakna laki2ami nasalahkan padahal semua berawal dari ortunaji d makassar itu klo bkn silariang yah kandang paksa

firman gagah mengatakan...

Itumi na banyak org silariang! Silariangi anakna laki2ami nasalahkan padahal semua berawal dari ortunaji d makassar itu klo bkn silariang yah kandang paksa

ilman pinrang mengatakan...

tersiksa memang laki - laki kasian. Hahahaha semangat para lelaki.

ilman pinrang mengatakan...

tersiksa memang laki - laki kasian. Hahahaha semangat para lelaki.

Senja Beranting mengatakan...

Gara2 uang panai byk org berzina krn tdk mampu kasih uang panai. Jadi ajang gengsi2an mi jg ini tradisi.

Unknown mengatakan...

Klu tidak setuju dengan uang panai ya sudah, cari aja calon istri di luar Sulawesi yg tdk pake uang panai, kan byk.....gitu aja kok repot!!!

Unknown mengatakan...

Klu tidak setuju dengan uang panai ya sudah, cari aja calon istri di luar Sulawesi yg tdk pake uang panai, kan byk.....gitu aja kok repot!!!

mahatir rasyid mengatakan...

Yg jelas, TRADISI UANG PANAIK tradisi yg MENYESAT-kan. Seharus-nya tdk perlu ada istilah uang panaik. Klopun toh sang PRIA mampu memberikan MAHAR yg tinggi, itu suati KEBAIKAN si PRIA. Jangan ditentukan seperti menjual barang dalam karung.

mahatir rasyid mengatakan...

Yah, tidak perlu SEWOT juga kali. Itu-kan CURHATAN para LELAKI. Dan ini memang memberatkan. Ngerti agama ga?

debzubhan mengatakan...

mkaanmi itu siri, kasi duluanmi itu siri.. kl muslim ya dahulukan sesua aturan agmaa, urusan adat itu dibelakang,, dan bukan adat yg jadi tolak ukur kebaikan seorang muslim dan muslimah, adat mahar itu dbelakang, jgn didahulukan,, syariat islam itu yg paling utama, kedua, ketiga, keempat, kelima, dan urutan paling terakhir itu baru adat.

Erick Dilan mengatakan...

Itu sama aja jual anak,nnti gara" uang cowNy nda ckup mlah ambil jln pintas

Unknown mengatakan...

Tradisi atau gengsi???syangx sekarang kebanyakan uang panaek jx masalah gengsi semata.
Kalo bicara masalah rasul yah saat itu nabi muhammad adalah orang yg mampu jadi kasih maharx tinggi....tapi bukankah nabi muhammad menikahkan putrix hx dngn mahar baju besi,,,,,islam tidak pernah memberatkan,jika mampu silahkan beri mahar setinggi langit,tpi jika tak mampu yah tidak perlu dipaksakan...
Islam sudah mempermudah semua jadi tak perlu dipersulit

Panny Wardany mengatakan...

Tradisi atau gengsi???syangx sekarang kebanyakan uang panaek jx masalah gengsi semata.
Kalo bicara masalah rasul yah saat itu nabi muhammad adalah orang yg mampu jadi kasih maharx tinggi....tapi bukankah nabi muhammad menikahkan putrix hx dngn mahar baju besi,,,,,islam tidak pernah memberatkan,jika mampu silahkan beri mahar setinggi langit,tpi jika tak mampu yah tidak perlu dipaksakan...
Islam sudah mempermudah semua jadi tak perlu dipersulit

Syarwan Hamid mengatakan...

hem. klo jodoh n slma masih dlam kbaikn agama-Nya yakin In Sha Allah akan dimudahkan. bukankh sdah diterangkan Allah itu tdk akan memberikan cobaan d luar batas knampuan umat-Nya?? knp msti tkut? klo mmng nda bsa dpt d dunia masih ad akhirt yg kekal. dunia hnya smntra. hhhhhh

Mirza Imandriawan mengatakan...

Belajar lagi ya adek. Jadi jurnalis kok subjektif. Riset lagi. Jangan membodohkan masyarakat sendiri.

Sudirman Asus mengatakan...

Tolong di kaji lebih cermat, subjektif anda sangat nampak. Sejarah mohammed juga harus lebih di kaji lihat buku phillip k hetti. Konsep anda harus lebih jelas... n ingat 4 suku di sulsel. Bugis makassar juga besar makanya ini harus jelas makassar atau bugis.

hamra sima mengatakan...

artikel ini perlu di kaji ulang.....

hamra sima mengatakan...

artikel ini perlu di kaji ulang.....

Anang Kamboja mengatakan...

Otak kalian semua yg perlu di kaji&d ksi keju ulang hahaha
Tdk ad yg gratis skrg.laki" kuttu j yg menolak uang panae.makax kerja ko la kuttu..panae murah cerai gampang k murah j songkolo

Anang Kamboja mengatakan...

Otak kalian semua yg perlu di kaji&d ksi keju ulang hahaha
Tdk ad yg gratis skrg.laki" kuttu j yg menolak uang panae.makax kerja ko la kuttu..panae murah cerai gampang k murah j songkolo

Nur Khairun Nisa mengatakan...

Lucu na deh semuaaaa...

Muhammad Sulhan mengatakan...

Realistis sja berfikir bro.. Okelah kalo pendapatan/gajimu besar. Tpi klo misalnya cm pns baru gaji 2jtan.. Lulus pns usia 23 thn, Usia 26thn mau nikah. 3 thn simpan gaji 2jt x 36 = 72jt. Minta panaik 100 jt masih mau nunggu 2 thn lagi biar cukup itu kalo tdk makan dan tidak ada utang kredit bayar waktu lulus pns. Kecuali warisan ortu banyak bisa jual aset. Tapi kalo tidak mau dpt uang dari mana?? Mau kridit lagi? Mau di sebut istri kreditan.. Kwkwk

Muhammad Sulhan mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
joe_jazzy mengatakan...

Tabee' diiik.. kasi baekmi dulu ketikanta... ejaan nyaa yang betul masih banyak kata2 yg kurangki diawal2.. terima kasih..

joe_jazzy mengatakan...

Kalau patokannya ada uang bisa menikah artinya bisa menikah berkali kali dong... enaaaknya kalau begituuu.. kan yg penting bahasanya bisa membayar mahar atau uang panaiknya kaaan... hahahhahhaha

joe_jazzy mengatakan...

Tabee' diiik.. kasi baekmi dulu ketikanta... ejaan nyaa yang betul masih banyak kata2 yg kurangki diawal2.. terima kasih..

Wajip Dibaca mengatakan...

Bedakan uang panaik sama mas kawin dih, mas kawin itu jaminan bagi perempuan bukan uang belanja yg dibilang panaik karna uang panaik habis dipesta... Jadi jangan sembarang menyangkutpautkan perkara tampa diilmui sebelumnya dih, karna dikasi bodo2 lg orang

Wajip Dibaca mengatakan...

Bedakan uang panaik sama mas kawin dih, mas kawin itu jaminan bagi perempuan bukan uang belanja yg dibilang panaik karna uang panaik habis dipesta... Jadi jangan sembarang menyangkutpautkan perkara tampa diilmui sebelumnya dih, karna dikasi bodo2 lg orang

jan sar mengatakan...

BUGIS = banyak uang ganti istri

jan sar mengatakan...

padahal candoleng doleng cm 50 ribu

jan sar mengatakan...

padahal candoleng doleng cm 50 ribu

gizi uwiss mengatakan...

Sebagian besar..

gizi uwiss mengatakan...

Sebagian besar..

Firly Afrianti mengatakan...

Yang komen laki2 semua 😂😂😂😂

Daeng Aaw mengatakan...

Mungkin lebih baik kita kaji alquran & makna.y sbg pedoman hidup kita. Mengenai uang panai Rasulullah kpd Ummi khadijah pun menurut sy wajar tinggi(mahal) krn Akhlak & perilaku beliau jg mmg mencerminkan wanita yg bisa menjamin suaminya ke surga. Mari sama2 qt menjalankan pesan rasulullah di akhir khayat, melaksanakan shalat & menjalankan sunnah serta mengkaji isi dr Alquran sbg pedoman hidup kita.mengenai baik buruk ataupun salah benarnya kita. Allah yg tahu, jgn saling menyalahkan 1 sama lain. Seperti yg pernah sy baca "JANGAN PERNAH LIDAH ANDA MENCERITAKAN ATAU BERKATA TTG KEBURUKAN/KESALAHAN ORG LAIN KARENA ORANG LAIN JG PUNYA LIDAH DAN ANDA PUN PUNYA KEBURUKAN/KESALAHAN". Terima kasih

Daeng Aaw mengatakan...

Mungkin lebih baik kita kaji alquran & makna.y sbg pedoman hidup kita. Mengenai uang panai Rasulullah kpd Ummi khadijah pun menurut sy wajar tinggi(mahal) krn Akhlak & perilaku beliau jg mmg mencerminkan wanita yg bisa menjamin suaminya ke surga. Mari sama2 qt menjalankan pesan rasulullah di akhir khayat, melaksanakan shalat & menjalankan sunnah serta mengkaji isi dr Alquran sbg pedoman hidup kita.mengenai baik buruk ataupun salah benarnya kita. Allah yg tahu, jgn saling menyalahkan 1 sama lain. Seperti yg pernah sy baca "JANGAN PERNAH LIDAH ANDA MENCERITAKAN ATAU BERKATA TTG KEBURUKAN/KESALAHAN ORG LAIN KARENA ORANG LAIN JG PUNYA LIDAH DAN ANDA PUN PUNYA KEBURUKAN/KESALAHAN". Terima kasih

Haris Ruddin mengatakan...

Tradisi dan kebudayaan beragam di Indonesia,termasuk pernikahan. Mungkin u/beberapa daerah & suku, pernikahan merupakan 1 jln mengangkat derajat dan status sosial dgn mahar yg bagi org awam pada umumnya sangat tinggi,bagi yg mampu tak ada masalah,bagi yg tak mampu carilah yg kamu sanggupi syarat dan maharnya, karna pernikahan hakikatnya bukan mahar semata,tapi jauh lebih penting dari itu,menyatukan dua insan dlm ikatan suci ,di-ikrarkan dengan Ijab Khobul, Sah oleh saksi org bnyak, dan dilakukan karna sesuai perintah Allah...

Muh.sukri mengatakan...

Betul sekali itu tapi belum tuntas masih ada tambahannya yakni laki2 yg baik adalah memberikan mahar yg banyak pada orang yg di cintanya

Muh.sukri mengatakan...

Sapa bilang tdk ada dalilx coba baca di buku biografi Rasulullah

Nur A. Hafid mengatakan...

Artikel yang menarik.., namun penjabarannya agak bias dan kurang fokus dari topik...
Itu menurut saya...

Nur A. Hafid mengatakan...

Artikel yang menarik.., namun penjabarannya agak bias dan kurang fokus dari topik...
Itu menurut saya...

Andi Faridh Petta Laugu mengatakan...

setujuka dg komentar yg ini 👏🏻

Risna Wahab mengatakan...

Lucu juga ya. semua tergantung yang mau melamar serta adanya musyawarah mufakat. saya orang makassar asli, dilamar sama orang jawa. Alhamdulillah. si calon suami mampu kok mengikuti adat makassar. So, yang perempuan jangan mematok harga, dan yang laki-laki rajin-rajinlah berusaha.

Asmirawati Ahmad mengatakan...

Kalau setau saya hadisnya itu berbunyi seperti ini, sebaik baik perempuan adalah yang paling rendah maharnya, dan sebaik baik laki laki adalah yang paling tinggi maharnya

Mustafa Maing mengatakan...

Pada bahas apain sih...uang panai atau dui menre....hahahah...

hamzah resres mengatakan...

ada beberapa perspektif cara pandang tiap manusia di era globalisasi ini. kemajuan zaman pola fikir yg semakin rasional membuat mereka wanita dan pria calon mempelai lebih mengerti apa arti pernikahan sesungguhnya. menarik ketika berbicara mahar jika disangkutkan hubungan agama dan kebudayaan. menurut saya budaya hanya mempersulit dan agama adalah jalan keluar dr kebudayaan. agama yg dibudayakan ataukah budaya yg di agamakan? trims

Unknown mengatakan...

Ambil sisi positifnya aja untuk lelaki mungkin diajar kan untuk berusaha jika menginginkan pujaan hatinya (wanita) makanya uang panai' tinggi...

Rezky Putra Pratama mengatakan...

Ambil sisi positifnya aja untuk lelaki mungkin diajar kan untuk berusaha jika menginginkan pujaan hatinya (wanita) makanya uang panai' tinggi...

Gae Hae mengatakan...

Katanya ibuku uang panai itu untuk pesta makanya mahal karena banyak keluarga yang diundang, kalo mahar tidak usahmi mahal2

Anha Kurnia mengatakan...

Yaudah kalau gamau ya ga usah. Nikah sm orang luar sulsel aja.

Zulfiah Muflihat mengatakan...

mahar ituji biasa 2 gr cincin emas,,
panaik itu untuk uang belanja pesta..

dika astuti mengatakan...

Aduh.. Banyak pria yang keluarganya biasa.. Uang pas-pasan. Tapi demi wanita yg dia suka, dia rela buat ngumpulin duit trus ngelamar cewek meskipun uang panainya tinggi.. Gipula juga Allah melancarkan rezeky buat orang yg sungguh-sungguh mau menikah..


Yah kalo emang sayang sama ceweknya yah lamar.. Kalau mampu yah jgn pelit buat ngeluarin duit.. Kan blum tau kedepannya gimana.. Siapa tau abis menikah rezeky.nya makin lancar..

Memberatkan itu kalau si pria tidak ada usaha..

M Rain mengatakan...

Bawa-bawa nabi segala demi adat yang alot. Hihihiii nauzubillah.

M Rain mengatakan...

Bawa-bawa nabi segala demi adat yang alot. Hihihiii nauzubillah.

Sandi Sudirman mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Sandi Sudirman mengatakan...

Sepakat,,makanya dari itu kami para lelaki Bugis Makassar rela merantau sejauh mungkin dan berusaha sebisa mungkin untuk bisa mendapatkan gadis pujaan,,dan kelak setelah menikah hal yg kadang membuat pikiran untuk bercerai itu jauh di karnahkan perjaung untuk mendapatkan itu sangat berat,, na bilang orang KALAU MAU KO MENIKAH USAHAKO..kalau nga mau usaha mending nga usah menikah dengan orang Bugis Makassar..

Wawan Arifin mengatakan...

Memang anda paham dengan masalah agama. Wkwkwkw

Wawan Arifin mengatakan...

Om ngerti agama juga gak. ???

Naslia_yasin mengatakan...

Kya.y bukanji orng bugis sja punya adat tapi semua suku punya adat dan itulah adat.y bugis uang panaik orang bugis juga mengkondisikan ji sma orng yg mau dtng lamar anak.y tidak langsung pasang harga ji taww ka bisaji d Nego kya nabilng tumming sma abu���� ketika kedua orang tua calon mempelai bertemu d situ mi baku kasih cocok dan setauku blumpi kya.y ada orng pergi melamar d paksakan bilng harus sekian uang panai mu tidak bgtuji..
Saya juga orng bugia jeka
Kemarin ada kkq menikah perempuan 20 juta ji uang panaik.y karna bgtuji kemampuan.y laki".. Dan ada juga kkq laki" menikah sma gadis bone asli sarjana mi juga tapi 20 juta ji d ksih naikan ii krna bgtuji kemampuan.y kkq dan itumi kesepakatan ke 2 mempelai Menikah itu tdak d paksakn ji uang panaik tinggi yg inti.y kalau mampu jki kenpa tidak.. Bxk orng yg berpikir bahwa orng bugis pasang uang panaik tinggi tapi yg sebenar.y itu tidakji
#ini pendapatku

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com