LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Pages

Follow my Blog

Visitor

BTricks

BThemes

Kesalahan yang sering Muncul Dalam Peneltian Thesis

Setelah mengikuti perkuliahan dan sering nya mengkuti seminar hasil dan proposal  magister di kampus Unhas ada beberapa hal yang penulis garis bawahi yang cenderung di lakukan oleh calon peneliti thesis dan disertasi berikut ini penulis jabarkan:

1) Latar Belakang Penelitian
 Tujuan di tulisnya latar belakang adalah untuk melihat fenomena dan fakta di lapangan dan permasalahan yang terjadi sehingga penulis merasa tergugah untuk meneliti dan membuat pemecahan masalahnya hal ini kadang dilupakan dan disepelekan oleh peneliti . Malah kebanyakan dan kesalahan fatalnya penulis malah menjelaskan teori yang akan dia pakai dalam penelitiannya sekali lagi jangan menulis theory pada latar belakang masalah anda tetapi tulislah fenomena dan fakta serta permasalahan sehingga anda bergerak untuk menelitinya 

Nur Melansari Prodi Bahasa Inggris/UNHAS 
2) Rumusan Masalah 
Ibrahim Prodi Linguistik 
 Rumusan Masalah terkadang juga sering kurang diperhatikan oleh peneliti, permasalahan yang sering muncul adalah peneliti kadang dalam rumusan masalah dengan kesimpulan penelitian dimana dalam rumusan masalah terdapat 3 pertanyaan namun dalam kesimpulannya justru terdapat 4 kesimpulan terjawab . Hal ini tentu sangat rancu .Yang sering terlihat juga pada peneliti dalam membuat kalimat statement rumusan masalah adalah gramatikal dalam menulis pertanyaan sebagai contoh: 
 "Faktor-faktor apakah yang membuat si A menyukai Si B"
saya kira yang paling tepat adalah 
"Adakah Faktor-faktor yang mempengaruhi SI A menyukai SI B?
Ingat dalam susunan gramatikal yang benar adalah dalam pertanyaan harus kata tanya duluan baru isinya begitu yakni 5W+ 1H 

3) Daftar Pustaka atau Bibilography 
 Nah disini terkadang juga penulis thesis dan peneliti menganggap remeh karena dikiranya hanya sebagai pelengkap saja tidak jarang sumber dan rujukan penelitian ditulis asal-asalan.
Padahal hal ini SANGAT-SANGAT PENTING 
a) Upayakan mengambil dari sumber terpercaya jangan mengambil dari wikipedia karena hal ini sangat tidak terpercaya dan tidak ada yang bisa mempertanggung jawabkan karena situs ini bisa saja ditulis oleh siapa pun dan diedit oleh orang -orang seenak perutnya..

Catatan lain : 
 Dalam penelitian lapangan biasanya peneliti hendak ke suatu sekolah dengan mengambil sampel 
. Peneliti biasanya lupa menuliskan berapa jumlah populasinya yang akan diambil dan   alat dan bahan penelitian yang akan di bawa serta , serta bagaimana standar evaluasinya . maksudnya bagaimnana standar penilaian yang akan dibawa untuk diteliti lebih lanjut.
Nurlaila Prodi Linguistik


Share on Google Plus

About Admin

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com