LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Pages

Follow my Blog

Visitor

BTricks

BThemes

Sastra dan masyarakat (1)

Sastra adalah institusi sosial selain itu sastra juga berfungsi sebagai fungsi sosial karena apa yangterjadi di masyarakat sastra bisa menjabarkannya melalui media novel,puisi atau pementasan drama .Pendekatan sosiologi sastra dimaksudkan untuk meneliti sejauh mana sastra berperan dan berpengaruh dalam kehidupan masyrakat. Para kritikus marxis sangat paham akan hal ini mereka menyebarkan propognda  dan aliran marxis agar dapat diterima di tengah-tengah masyarakat . Bahkan sastra dapat mendikte pemikiran alam bawah sadar masyarakat untuk mengikuti tanpa memaksa melalui berbagai media sastra seperti novel, puisi,film, bahwa mereka ikut dan paham ideologi yang dianut.

Pembahasan hubungan sastra dan masyarakat sangat kompleks sebab sastra tidak hanya menampilkan situasi kondisi sosial masyarakat pada kurun waktu ketika novel dituliskan namun juga dapat menampilkan dan mencerminkan kondisi sosial hidup baik masyarakat maupun pengarang dalam hal ini pengalaman dan pandangan hidup pengarang pun dapat dilihat melalui karyanya. Walapun tidak semua karya yang ditulis menampilkan keseluruhan masyarakat paling tidak hal yang ditulis mewakili untuk keseluruhan peristiwa.
Share on Google Plus

About Admin

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com